KELOMPOK 1 TUGAS 4

 TUGAS 4 SOSIOLOGI


Anggota : 
- Arung Gelombang Kristanto / 8
- Atthar Ibrahim Aquilla Wibowo / 9
- Azharel Dhevan Raizano / 10   
- Danna Ozora Anandia / 13
- Johan Angga Mouriska / 22
- Kevin Raffael Sanjaya / 25

1. Perbedaan tindakan sosial dan interaksi sosial
- Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu atau kelompok. Melibatkan aksi dan reaksi yang saling memengaruhi, secara langsung maupun tidak langsung.
- Tindakan sosial adalah segala bentuk tindakan yang dilakukan oleh individu atau kelompok dengan mempertimbangkan keberadaan orang lain. Yang mengandung makna dan tujuan tertentu, serta dipengaruhi oleh norma dan nilai sosial.
- Jadi, interaksi sosial dan tindakan sosial saling berkaitan erat. Tindakan sosial merupakan salah satu bentuk dari interaksi sosial. Setiap tindakan sosial melibatkan interaksi dengan orang lain, tapi tidak semua interaksi sosial merupakan tindakan sosial. 2. Analisis Video


Video 1 - Silence of Love https://www.youtube.com/watch?v=qZMX6H6YY1M


Analisis Video 1

Afeksi - Sang ayah menangis karena anaknya kecelakaan. Sang ayah menangis didasari oleh rasa cinta kepada putrinya.












Afeksi - Emosi sang ayah yang spontan yang putus asa dengan keadaannya dan hubungannya dengan anaknya




Video 2 - Sahabat Sadeli https://www.youtube.com/watch?v=zbwdhS5WFw8

Analisis Video 2









Afeksi - Sadeli sedih karena dihina temannya menjadi ondel ondel










Tradisional - sadeli menjadi ondel ondel merupakan sebuah tradisi


3.Teori perkembangan manusia (Nativisme,Empirisme,Konvergensi dan Naturalisme). - Teori navitisme Kirana mempunyai bakat untuk menulis cerita, seperti ayahnya yang merupakan penulis buku. Suatu ketika ibu Kirana dan Risang mencari lomba menulis buku anak , Ibu mereka pun menyuruh Risang dan Kirana untuk mengikuti lomba,Kirana menulis buku,karena sama seperti ayahnya, dan Risang yang menggambar karena bakatnya menggambar

- Teori empirisme
Didalam film diceritakan bahwa ayah dari Risang dan Kirana adalah seorang penulis buku, buku yang diciptakan Ayah Risang dan Kirana, setiap hari selalu dibacakan oleh ibu kepada Risang dan Kirana dari mereka masih kecil, oleh karena itu Risang dan kirana menjadi terinspirasi dari cerita ayahnya tersebut, sehingga Risang dan Kirana mampu untuk mengembangkan bakatnya hingga menjuarai lomba.

- Teori Konvergensi
Berdasarkan film Kirana mampu menulis cerita karena faktor dari keturunan ayahnya dan Risang memiliki bakat tersendiri yaitu menggambar. Risang adalah anak yang kesusahan dalam membaca , namun ia tidak pernah menyerah, setiap hari selalu dibacakan cerita oleh ibunya dan kakaknya juga selalu mengajari Risang cara membaca.

- Teori Naturalisme
Didalam film diceritakan bahwa Risang memiliki bakat menggambar dan Kirana berbakat menulis. Ibu mencarikan lomba untuk mereka sesuai bakat yang dimiliki. Ibu akhirnya mendapat satu lomba yaitu membuat buku anak. Hadiah lomba tersebut awalnya untuk membeli tiket ke Lombok . Pada akhirnya digunakan untuk membayar Hutang.


4. Apakah Bahasa Isyarat Merupakan Interaksi Sosial?
Ya, menggunakan bahasa isyarat merupakan bentuk interaksi sosial,karena bahasa isyarat bagi tunarungu merupakan satu-satunya cara untuk berkomunikasi dengan orang lain. Melalui bahasa isyarat seorang tunarungu dapat menyampaikan pikiran, perasaan,dan ide mereka kepada orang lain. Selain itu bahasa isyarat juga merupakan jembatan untuk mengatasi hambatan dalam komunikasi yang disebabkan gangguan pendengaran

5. Drama 4 jenis Kerjasama :
https://www.youtube.com/watch?v=CQ0anEye9NE
 
6. Ilustrasi ID,EGO,SUPEREGO



7. Inklusi dan Eksklusi
- Inklusi adalah sikap membuka diri, menerima, dan berbaur dengan orang lain, meskipun ada perbedaan identitas atau latar belakang. 
Contoh : Seorang siswa dengan kebutuhan khusus diikutsertakan dalam kegiatan kelas, dan teman-temannya mendukung partisipasinya.

- Eksklusi adalah sikap yang membatasi atau menutup akses terhadap kelompok yang dianggap berbeda.
Contoh = Sekelompok siswa hanya berteman dengan teman dari latar belakang budaya yang sama, mengabaikan siswa lain yang berbeda latar belakang.

Comments

Popular posts from this blog

Implementasi Skema Interaksi Sosial Disosiatif Dalam Dunia Pendidikan : Menjadi Hambatan atau Keuntungan

KELOMPOK 4 - TUGAS 4